Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa PAI, HMP PAI Gelar Workshop Literasi Digital dan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley

HMP PAI, Unugiri-Di era zaman society 5.0, kenalkan mahasiswa tentang pentingnya Literasi Digital dan pemanfaatan Aplikasi Mendeley, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Univeratas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) adakan workshop digedung tarbiyah lt. 3, Sabtu (03/02/24).



Senada dengan tema yang di usung, yakni "Meningkatkan Kompetensi Digital melalui Pemanfaatan aplikasi Mendeley" acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa terkait literasi digital dan penulisan karya ilmiah yang benar.

Ketua pelaksana, Andrianto Kus Slalu mengatakan, bila Workshop di selenggarakan sebagai wujud realisasi program kerja (Proker) HMP PAI UNUGIRI masa khidmat 2023-2024.

"Kegiatan ini merupakan Proker HMP PAI," ungkapnya.

Andrianto menambah, bahwa kegiatan ini sebagai bekal mahasiswa untuk memahami Literasi Digital dan memanfaatkan Aplikasi Mendeley yang nantinya bagian dari mempermudah mahasiswa untuk menulis karya ilmiah, dengan kuota yang terbatas, maka yang berkesempatan mengikuti, harus memperhatikan dengan seksama.

"Yang berkesempatan untuk mengikuti Workshop ini, Mohon untuk di ikuti dan di praktekkan dengan serius dan seksama," Pintanya.

Kaprodi PAI, Su'udin Aziz, menyampaikan terimakasih kepada panitia HMP PAI yang mengadakan acara Workshop ini, karena baginya, hal ini sangat penting untuk difahami oleh seluruh mahasiswa.

"Terimakasih kepada panitia HMP PAI yang mengadakan workshop ini," ungkapnya.

Su'udin menambah, dengan adanya acara ini, berharap semua mahasiswa dapat menciptakan output yang baik.

"Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, kalian dapat menciptakan output yang baik, ikuti dengan seksama," harapnya.

Sementara, Ketua HMP PAI UNUGIRI, Hilda Nur Rohmah, menyampaikan terimakasih kepada tamu undangan, panitia, dan juga peserta yang turut hadir, dan ia menyisipkan permintaan maaf apabila terdapat kekurangan dalam mempersiapkan acara ini.

"Terimakasih atas partisipasinya mengikuti workshop ini, dan mohon maaf, jika kami ada kekurangan dalam menjamu peserta," jelasnya.

Selanjutnya, Hilda memaparkan bahwa kegiatan Workshop ini berangkat dari mahasiswa yang diharuskan untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan Aplikasi Mendeley, sebagaimana hal itu mempermudah mahasiswa baru (MABA) maupun mahasiswa lama dalam penulisan karya ilmiah.

"Adanya Workshop ini, guna membekali kita semua dalam berliterasi digital dan memanfaatkan Aplikasi Mendeley untuk mempermudah kita dalam penulisan karya ilmiah," tegasnya.

Diki Alamzyah, yang didapuk menjadi narasumber Literasi Digital, menegaskan bahwa Literasi Digital ini sebagai upaya langkah sebagaimana mahasiswa harus cakap dalam bermedia, dan memahami etika dalam dunia digital ini, tak lupa Diki menyisipkan Motto "Never Give Up, Teruslah Tumbuh".

"Dalam Literasi Digital ini, teman-teman harus cakap dalam bermedia, tentu harus memahami etika dan undang-undangnya. Never Give Up, Teruslah Tumbuh," Tegasnya.

Selanjutnya, Pramesti Wulandari, Narasumber pemanfaatan Aplikasi Mendeley, menjelaskan dan langsung mengajak mahasiswa mempraktikkan materi yang ia sampaikan.

Salah satu peserta, Muhammad Azam, Mahasiswa Prodi PJKR Semester 2 mengatakan alasan mengikuti Workshop ini selain ingin mengerti dan memahami bagaimana cara mengoperasikan Aplikasi Mendeley, juga ingin memanfaatkan waktu luang dihari libur dengan sebaik-baiknya dengan menambah ilmu pengetahuan terlebih tentang kepenulisan.

Ia juga berharap, setelah mengikuti acara ini, bisa mempraktikkannya dengan baik.

"Saya awalnya kurang memahami bagaimana cara memanfaatkan Aplikasi Mendeley, setelah ini, saya sangat berharap semoga saya bisa mempraktikkannya," Tuturnya.

Acara tersebut diikuti oleh 190 mahasiswa dari prodi PAI maupun luar PAI, dan acara berjalan khidmat sampai akhir. Diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al-quran, sambutan, do'a dan yang terakhir adalah Workshop.

*Peliput : Putri Eka Nurus Syamsiyah (Divisi Kominfo HMP PAI UNUGIRI)


Posting Komentar untuk "Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa PAI, HMP PAI Gelar Workshop Literasi Digital dan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley"