Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WORKSHOP PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICT OLEH HMP PAI UNUGIRI BOJONEGORO

Dokumentasi Workshop pembelajaran berbasis ICT oleh HMP PAI

Diabad  ke-21 ini, dimana melesatnya teknologi dan informasi yang bisa diakses oleh berbagai kalangan termasuk pendidik atau guru, menuntut pendidik atau guru agar mampu dalam memanfaatkan teknologi dan informasi saat ini kedalam pembelajaran yang lebih menarik, inovatif serta variatif. Untuk itu HMP PAI UNUGIRI Bojonegoro menyelenggarakan, “Workshop Pembelajaran PAI Berbasis ICT” sebagai upaya untuk menciptakan kader-kader yang berkualitas tidak hanya secara spiritual, dan intelektual, tetapi juga pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PAI nantinya untuk bekal menjadi pendidik atau guru yang professional dan kompeten.

Diselenggarakan pada 05 Maret 2023 dengan tema, “Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa PAI dalam mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT” yang  bertempat di Auditorium Hasyim Asy’ari UNUGIRI Bojonegoro. Dinarasumberi oleh Bapak Suttrisno, M.Pd yang merupakan salah satu dosen UNUGIRI Bojonegoro. Dengan diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa PAI dari berbagai semester.

Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Syubbanul Wathon, serta senandung sholawat al-fatih dan sambutan-sambutan oleh Kaprodi PAI, Ketua HMP PAI serta Ketua Panitia Workshop Pembelajaran PAI Berbasis ICT.

Pada kesempatannya, Bapak Suttrisno, M. Pd selaku narasumber menyatakan bahwa, “Ketika guru mengajar di kelas dan memberikan pertanyaan kepada murid, kemudian menerima beraneka ragam jawaban, mulai dari yang teoritis ataupun abstrak, maka disinilah diperlukan media pembelajaran agar materi atau pertanyaan-pertanyaan yang abstrak bisa menjadi konkret”.

Pada perkembangan revolusi teknologi yang sangat berkembang pesat saat ini, media pembelajaran ICT menjadi salah satu pemecahan dalam masalah pembelajaran di era society 5.0 saat ini. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari narasumber yang menyampaikan, “Pendidik itu diera society 5.0 harus bisa menguasai internet of things, typical intelegent, data, dan robotic untuk meningkatkan taraf hidup manusia.” Penjelasan Bapak Suttrisno, M. Pd pada saat workshop berlangsung. Selain itu, dijelaskan pula bahwa, “ICT adalah media pembelajaran menggunakan teknologi dan komunikasi, kekinian, fleksibel dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Adapun manfaatnya yaitu meningkatkan minat juga meningkatkan kreatifitas pada siswa”.

Harapan dari adanya kegitan ini adalah agar mahasiswa semakin mahir dalam berteknologi dan memanfaatkan serta mengembangkan teknologi yang ada saat ini untuk meningkatkan kualitas mahasiswa PAI, juga untuk bekal mahasiswa PAI sebagai calon guru. Untuk menyongsong generasi yang berkualitas dan berinovatif dalam dunia pendidikan.

Penulis : Elsa Ayu Shautin

E-mail : ayuelsa111@gmail.com

 

Posting Komentar untuk "WORKSHOP PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICT OLEH HMP PAI UNUGIRI BOJONEGORO"