Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEMINAR PEMBUATAN MAKALAH HMP PAI UNUGIRI BOJONEGORO

FOTO BERSAMA-Peserta Seminar Pembuatan Makalah, dengan narasumber Dosen Prodi PAI Usman Roin, M. Pd, Minggu, (25/09/22) di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Pesatnya teknologi dan informasi mengharuskan individu produktif, kreatif dan inovatif. Hal tersebut guna tercapainya SDM berkualitas di era Society 5,0 dan Distrupsi 4,0. Maka dari itu, HMP PAI UNUGIRI Bojonegoro sebagai wadah aspirasi mahasiswa PAI menyelenggarakan “Seminar Pembuatan Makalah” bertemakan, “Cerdas Bermakalah dalam Meningkatkan Kualitas Mahasiswa”.

Dilaksanakan pada tanggal 25 September 2022, bertempat di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro (Unugiri Bojonegoro). Tepatnya di Gedung Rektorat atau Gedung Hasyim Asy’ari lantai 3 Unugiri Bojonegoro. Dihadiri kurang lebih 160 mahasiswa program studi PAI dari berbagai semester.

Diawali dengan acara penuh hikmat yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, mars yahlal wathon dan pembacaan sholawat Al Fatih secara serentak, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia  (Tegar Nasrullah) , ketua HMP (Afanaftasya) , Kaprodi PAI (Su’udin Aziz, M. Ag) dan Dekan Fakultas Tarbiyah (Dr. K. H. Ahmad Manshur, M. A) yang turut hadir sebagai tamu undangan.

Dalam sambutannya, Su'udin Aziz, M. Ag selaku Kaprodi PAI berpesan bahwa,”Qolam atau pena itu lebih ada bekasnya. Jadi kalau mahasiswa bisa menulis makalah, kemudian dipublikasi dijurnal, tulisan itu akan tetep selalu dikenang bahkan bisa membawa kebermanfatan yang meluas dan menyeluruh.” Pesan Kaprodi PAI diakhir sambutannya pada saat acara seminar berlangsung.

Dr. K. H. Ahmad Manshur, M.A. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menuturkan bahwa, “Pendidikan itu salah satu faktor yang menjadikan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik, maka dari itu pembuatan makalah ini sangat penting sekali. Karena didalam menulis makalah harus benar-benar memperhatikan etika keilmiahan.” Penuturan dari Dekan Fakultas Tarbiyah dalam sambutannya saat acara seminar berlangsung. Dalam sambutan tersebut, terdapat pesan pula untuk mahasiswa agar selalu semangat dalam mengikuti kegiatan apalagi semakin bertambahnya semester.

Tak tertinggal pula, acara inti dan paling utama yaitu pemaparan materi dari Narasumber Usman Roin, M. Pd. Dalam pemaparannya tersebut, dijelaskan bagaimana struktur kepenulisan makalah, membuat latar belakang dan rumusan makalah yang menjadi acuan menarik dari sebuah makalah, serta bagaimana mendapatkan sumber referensi yang teraktual dan terpercaya. Yang tak kalah penting dipaparkan pula cara membuat kesimpulan pada bagian penutup.

Dibagian akhir Narasumber diatas berpesan kepada para mahasiswa yang mengikuti seminar, untuk membiasakan diri membaca karena akan bermanfaat untuk banyak hal, untuk menulis makalah ataupun untuk literatur lainnya.

Besar harapan HMP PAI UNUGIRI Bojonegoro dengan diadakannya pelatihan pembuatan makalah dapat meningkatkan kualitas karya tulis yang dibuat mahasiswa sebagai khazanah literasi guna meningkatkan kualitas maupun keunggulan dari Mahasiswa juga nama lembaga yang dinaungi.

Penulis : Elsa Ayu Shautin

Editor : Muhammad Faiz Dzinnuha

Mahasiswa PAI UNUGIRI Bojonegoro dan Anggota HMP PAI UNUGIRI 2022/2023


1 komentar untuk "SEMINAR PEMBUATAN MAKALAH HMP PAI UNUGIRI BOJONEGORO"